Jumat, 02 Oktober 2020

Essay Tentang Perusahaan IT

Microsoft Corporation.

Siapa yang tidak tahu tentang Microsoft Corporation? Tentunya kita semua tahu apa itu Microsoft, yaitu sebuah perusahaan besar berbasis IT yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975. Nama Microsoft sendiri diambil dari gabungan antara Micro komputer dan Software. Berawal dari mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahaan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOSnya pada pertengahan 1980. Lalu Microsoft membuat Sistem Operasi Unix dengan versinya sendiri yang bernama Xenix. Karena itu banyak perusahaan IT yang berusaha untuk bekerja sama dengan Microsoft, salah satunya adalah IBM. Pada tahun 1980 IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft untuk menyediakan versi CP/M OS, yang akan dipakai dijajaran IBM Personal Komputer (IBM PC) mendatang. Banyak sekali inovasi yang diciptakan oleh Microsoft dalam perkembangan IT. Namun, pada 1983 Paul Allen mengundurkan diri setelah dirinya dinyatakan terkena penyakit Hodgkin.

Hingga saat ini produk-produk perangkat lunaknya yang paling terkenal adalah sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office, serta Browser Internet Explorer dan Microsoft Edge. Selain itu Microsoft juga menciptakan produk perangkat keras seperti konsol video game Xbox, Microsoft Surface (komputer layer sentuh) serta smartphone Microsoft yang berbasis Windows Mobile. Microsoft adalah salah satu pembuat perangkat lunak terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya, dan salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia.

Pada tahun 2015, Microsoft berhasil mendominasi pasar sistem operasi IBM-PC yang kompatibel, dan pasar software perkantoran melalui Microsoft Officenya. Microsoft juga memproduksi berbagai perangkat lunak konsumen dan perusahaan lainnya untuk desktop, laptop, tab, gadget, server, dll. Termasuk mesin pencarian internet buatannya yaitu Bing.

Pada tahun 2000, Steve Ballmer menggantikan posisi Bill Gates sebagai CEO, dan kemudian menciptakan sebuah strategi “perangkat dan layanan” dan mulai dengan mangakusisi Danger Inc. pada tahun 2008, Microsoft memasuki pasar produksi komputer pribadi untuk pertama kalinya, lalu pada 2012 Microsoft meluncurkan Microsoft Surface komputer tablet dan kemudian membuat Microsoft Mobile melalui akusisi divisi perangkat dan layanan Nokia.

Lalu pada tahun 2014 Steve Ballmer digantikan posisinya oleh Satya Nadella sebagai CEO yang pada akhirnya ia berhasil membuat Microsoft sebagai perusahaan dengan nilai saham tertinggi. Hingga akhirnya pada tahun 2018 Microsoft berhasil melampaui Apple Inc. sebagai perusahaan publik yang paling bernilai di dunia dan menjadi perusahaan publil AS ketiga yang bernilai dari %1 triliun setelah Apple dan Amazon, masing-masing mencapai kapitalisasi pasar triliun dolar.

Tak bisa dipungkiri, dalam kehidupan kita sehari-hari kita sudah sangat bergantung pada produk-produk Microsoft. Mulai dari Microsoft Windows, Microsoft Office, dll. Karena kemudahan yang telah diciptakan ini kita sebagai pengguna jadi bisa lebih efisien dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Alasan saya membuat essay tentang perusahaan ini karena saya sangat terinspirasi dengan perusahaan ini yang mambuat saya tertarik dalam dunia IT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang menggunakan kata-kata kotor.

Teori Komputasional dan Implementasi Di Bidang Lain

  Pengertian Komputasi Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan...