Di era yang serba mudah seperti sekarang ini, ada banyak orang yang memutuskan untuk memulai bisnis-bisnis pertama mereka. Mulai dari bidang sandang, pangan, hingga meliputi bidang sehari-hari.
Di antara proses pembuatan bisnis dan perusahaan itulah kemudian banyak diantara tim-tim kecil mereka yang mulai melakukan proses brainstorming atau berdiskusi bersama-sama untuk mengonsep perusahaan baru mereka.
Lebih jauh lagi salah satu hal yang seringkali dirancang, baik di awal-awal pendirian perusahaan ataupun di tengah-tengah berjalannya perusahaan rintisan ini, adalah soal proses pembuatan company profile.
Apa itu Company Profile?
Company profile merupakan salah satu cara perusahaan untuk memperkenalkan perusahaannya secara professional, biasanya berisi identitas perusahaan secara umum dan produk yang dijual dengan tujuan menarik minat pembacanya.
Company profile merupakan salah satu cara yang cukup menarik untuk memberi tahu orang di luar bahwa perusahaan Anda sudah berjalan. Artinya Anda harus bisa membuat company profile sedemikian rupa sehingga hanya dalam beberapa halaman atau slide saja orang sudah paham bisnis yang Anda jalankan.
Company profile yang baik haruslah berisi mengenai siapa Anda (perusahaanmu), sejarah perusahaan, visi misi dan nilai perusahaan (terkadang perlu dicantumkan), hingga seputar produk dan layanan yang dibuat oleh perusahaan Anda.
Semakin panjang company profile tentu akan membuat Anda bisa berkreasi serta memasukkan lebih banyak informasi. Mungkin Anda berpikir dengan membuat company profile yang cukup panjang maka orang-orang akan tertarik dengan perusahaan dan produk yang Anda jual.
Tips agar Company Profile lebih menarik :
Buat company profile sesederhana mungkin.
Sederhana yang kami tuliskan disini bukan berarti membuat company profile dengan font Times New Roman ukuran 12, berwarna hitam dan berlatar belakang putih. Justru Anda bisa membuat company profile sekreatif mungkin sesuai dengan tim yang Anda punya, tentu menjadi keuntungan bila di dalam tim yang Anda miliki terdapat orang yang jago mendesain sesuatu. Meski demikian tetap ingat bahwa buatlah company profile sesederhana namun sepadat mungkin. Intinya Anda wajib bisa memasukkan sebanyak-banyaknya informasi penting mengenai perusahaanmu ke dalam company profile namun tanpa membuatnya terlihat membosankan.
Menentukan target pasar dengan benar.
Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang-orang yang membuat company profile adalah tidak menentukan target pasar mereka dengan benar. Hal ini tentu membuat isi yang ditulis di dalamnya menjadi tidak relevan terhadap para pembaca.
Gunakan platform seluas mungkin.
Setelah bisa membuat desain dan konten company profile yang sesuai dengan target pasar, tips dari suksesnya company profile adalah platform bermain yang tepat.
Di era informatika macam sekarang ini misalnya, tentu tidak tepat apabila Anda masih membuat company profile cetak dan disebarkan manual secara luas. Tentu Anda yang menyasar target anak muda malah akan kehilangan mereka, karena anak muda cenderung menyukai informasi yang didapat dari gadget-gadget mereka.
Sementara Anda yang memiliki target pasar lansia misalnya, tentu tidak tepat pula bila justru memutuskan untuk membuat company profile secara online saja misalnya. Tentu para lansia yang jarang bermain gadget tidak akan terpapar dengan company profile Anda.
Tips mudah untuk mengakali beberapa permasalahan ini adalah dengan membuat company profile sekaligus di banyak platform. Proporsinya tinggal Anda sesuaikan dengan target pasar yang Anda punya, perbanyak proporsi platform dimana target pasar Anda ada disana.
Gunakan data yang akurat.
Data yang tertuang dalam comprof harus terjamin keakuratannya. Hal ini sangat penting karena data yang akurat akan menambah kepercayaan pembaca terhadap perusahaan Anda. Dari informasi brosur comprof yang Anda buat terkadang pembaca langsung konfirmasi terkait informasi yang tertuang dalam brosur comprof. Terutama dalam hal kelebihan yang dimiliki perusahaan buatlah yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Meskipun niat Anda untuk menarik pembaca agar menggunakan produk atau jasa perusahaan tapi kejujuran tetap harus diutamakan. Hal ini berguna menjaga kepercayaan pembaca untuk efek jangka panjang.
Informasikan data yang Up To Date.
Informasi yang Anda sajikan juga sebaiknya yang up to date. Misalnya saja Anda menawarkan sebuah promo potongan harga sampai 50% di bulan ini. Maka promo tersebut harus ada ketika brosur disebarkan. Jangan sebarkan brosur kalau ternyata promonya sudah terlewat karena hanya akan mengecewakan pembaca. Supaya comprof yang Anda buat selalu up to date maka bisa diatur cara pembuatannya. Anda bisa coba membuatnya enam bulan sekali atau jika ada perubahan informasi penting dalam perusahaan langsung ganti brosur yang lama. Agar lebih jelas, sertakan juga up date info perusahaan terkini bisa langsung hubungi kontak yang tertera.
Sajikan Company Profile dengan cara yang kreatif.
Pembuatan comprof yang biasa saja tidak akan menarik pembaca untuk sekedar melihat atau membacanya. Biasanya kalau sajian comprof biasa saja cuma akan dibuang begitu saja. Sayang sekali bukan kalau brosur yang dibuat hanya untuk dibuang di tempat sampah. Agar citra perusahaan baik dan bisa memberikan kesan profesional maka Anda bisa membuat comprof yang kreatif. Mulai dari pemilihan Bahasa, gunakanlah Bahasa yang verbal dan visual. Jadikan brosur yang bisa membangkitkan minat, perhatian dan kesan positif. Dengan begitu akan mudah dinikmati dan diterima pembaca.
Demikian beberapa tips yang dapat digunakan dalam membuat Company Profile yang menarik, semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Dilarang menggunakan kata-kata kotor.